Entri Populer

Jumat, 15 Maret 2013

Ruang Lingkup Laporan Keuangan


A.    Definisi Laporan Keuangan
      Laporan Keuangan adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, baik di dalam maupun di luar perusahaan, mengenai posisi keungan dan hasil usaha perusahaan.
      Menurut Standar Akntansi Keuangan (SAK) tahun 1996, tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.
B.     Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan
1.      Dapat Dipahami
            Kualitas penting informasi yang ditampung dalam laporan keuangan adalah kemudahannya untuk segera dipahami oleh pemakai.
2.      Relevan
            Agar bermanfaat informasi harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan.
3.      Andal
            Informasi memiliki kualitas andal jika terbebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material(cukup berarti), dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus atau jujur atas data yang seharusnya isajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.
4.      Dapat Dibandingkan
            Laporan Keuangan harus dapat dibandingkan antar periode untuk mengidentifikasi kecenderungan/trend/posisi dan kinerja keuangan. Laporan keuangan juga arus dapat dibandingkan antar perusahaan sejenis untuk mengevaluasi posisi keungan, kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relative.
C.     Pemakai Laporan Keuangan
1.      Pihak Internal : Manager, Pegawai.
2.      Pihak Eksternal : Pemegang saham, Investor, Kreditur, Bank/lembaga, Pemerintah.
D.    Jenis Laporan Keuangan
1.      Neraca
            Neraca (balance sheet) adalah Laporan keuangan yang disusun secara sistematis yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada suatu saat tertentu yng terdiri dari aktiva, kewajiban dan modal. Neraca dapat disusun dalam bentuk Akun /Skontro (Account Form) dan bentuk Laporan (Report Form).
2.      Laporan Laba Rugi
            Laporan Laba Rugi (profit and loss statement) adalah laporan keuangan yang memberikan informasi keberhasilan yang dicapai atau kegagalan yang menimpa sutu perusahaan dalam rangka menjalankan usahanya selama jangka waktu (periode) tertentu yang dinilai dengan jumlah satuan uang. Laporan laba rugi dapat disusun dalam bentuk Single Step dan bentuk Multiple Step.
3.      Laporan Perubahan Ekuitas
            Laporan Perubahan Ekuitas (capital statement) adalah suatu laporan atau informasi yang menggambarkan perubahan yang terjadi atas ekuitas pada suatu periode.
4.      Laporan Arus Kas
            Laporan Arus Kas (cash flow statement) adalah salah satu bentuk laporan keuangan yang menyajikan informasi kas sehubungan dengan kegiatan operasional, investasi, pembiayaan, dan transaksi non anggaran yang menggambarkan saldo awal, penerimaan, pengeluaran, dan saldo akhir kas selama periode tertentu.
5.      Catatan Atas Laporan Keuangan
            Catatan atas laporan keuangan merupakan penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan laba rugi, neraca, dan  laporan arus kas.




Daftar Pustaka :
Sucipto, Toto, et al. 2006. Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Akuntansi 1A. Jakarta: Yudhistira.
Horngren, T. Charles, Jr. Harrison T. Walter. 2007. Akuntansi:19, Edisi 7, Jilid 1. Jakarta:             Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar