Entri Populer

Senin, 05 November 2012

Pengambilan Keputusan


Pengertian Pengambilan Keputusan
Pembuatan Keputusan di latar belakangi oleh adanya suatu masalah atau problem dalam usaha mencapai suatu tujuan tertentu. Pembuatan Keputusan ini bertujuan mengatasi atau memecahkan masalah yang bersangkutan sehingga usaha pencapaian tujuan yang dimaksud dapat dilaksanakna secara baik dan efektif. Selain itu pembuatan masalah juda dipandang sebagai usaha untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah yang terjadi.

Tiga Golongan Masalah
 1. Masalah Korektif
     Masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang direncanakan.
 2. Masalah Progresif
     Masalah yang terjadi akibat adanya keinginan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu prestasi atau hasil masa lalu.
3. Masalah Kreatif
    Masalah yang muncul karena adanya keinginan untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.

Tipe - Tipe Pengambilan Keputusan
      Metode pengklasifikasian keputusan yaitu keputusan diprogram dan keputusan tidak diprogram. Keputusan juga dapat dibedakan menjadi keputusan kepastian, keputusan resiko, dan keputusan ketidakpastian.
 1. Keputusan Diprogram
     Keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan, atau prosedur.
 2. Keputusan Tidak Diprogram
     Keputusan yang berkenaan engan masalah khusus, khas, atau tidak biasa.
 3. Keputusan Kepastian
     Keputusan yang sudah pasti apabila kita melaksanakannya maka akan mendapatkan hasil yang baik.
 4. Keputusan Resiko
     Keputusan yang apabila kita melaksanakannya maka akan mendapatkan hasil yang baik tetapi beresiko.
 5. Keputusan Ketidakpastian
     Keputusan yang apabila kita melaksanakannya maka belum tentu akan mendapatkan hasil yang baik.
 
Proses Pengambilan Keputusan
 a. Pemahaman dan perumusan masalah,
 b. Pengumpulan dan analisis data yang relevan,
 c. Pengembangan alternative,
 d. Evaluasi alternative,
 e. Pemilihan alternative terbaik,
 f. Implementasi keputusan, dan
 g. Evaluasi hasil-hasil keputusan.

Kriteria Pengambilan Keputusan
 a. Memaksimalkan nilai yang diharapkan, dan
 b. Pemuasan.









Sumber : Tata Sutabri, 2003. Sistem Informasi Manajemen, Andi-Yogyakarta, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar