1. Pengertian
Pengelolaan Kredit
Pengelolaan
Kredit adalah pengelolaan piutang yang timbul dari transaksi penjualan barang
dengan pembayaran kredit.
2. Kegiatan
Bagian Kredit
* Identifikasi Pelanggan
Bertujuan agar
penjualan kredit dilakukan kepada pembeli yang tepat, baik tingkat bonafiditasnya
maupun batas maksimal kredit yang diterimanya. Data yang diperlukan yaitu
lamanya menjadi pelanggan perusahaan, besarnya kredit maksimal yang pernah
diberikan, kelancaran pengembalian krdit pada periode-periode yang lalu, status
kredit yang sedang berjalan, dan kondisi perusahaan pelanggan yang sedang
berjalan (data ekstern).
* Analisa Kelayakan Kredit
Merupakan kegiatan
pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan tingkat kemampuan
pengembalian kredit dan bonafiiditas pelanggan yang mengajukan order kepada
perusahaan.
* Penilaian Kelayakan Kredit
-
Character : watak atau karakteristik
dari calon debitor.
-
Capacity : kemampuan calon debitor dalam
menjalankan usahanya.
-
Capital : modal yang dimilki calon debitor.
-
Condition of Economy : kondisi ekonomi
calon debitor yang dapat mempengaruhi usahanya.
-
Collateral : jaminan dalam bentuk harta
yang dimiliki oleh calon debitor.
* Penentuan Besarnya Kredit
Merupakan besarnya
kredit yang diperkirakan tepat diberikan kepada pelanggan dipandang dari
kepentingan pengamanan piutang.
3.
Dokumen
- Dokumen Yang Diperlukan
* Daftar Order Penjualan
Berisi tentang nama
pengirim order, besarnya order dan kredit yang diberikan.
* Daftar Pelanggan
Berisi tentang
data-data dari para pelanggan dan tingkat kebonafiditas dari masing-masing
pelanggan.
* Daftar Usaha Piutang
Digunakan untuk menentukan status
kredit langganan.
Sumber : Hendi
Soemantri, Memahami Akuntansi Seri B, Armico,
2004, Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar