Entri Populer

Senin, 05 November 2012

Siklus Hidup Sistem


Pengertian
Siklus Hidup System adalah proses evlusioner yang diikuti dalam menerapkan system atau subsistem informasi berbasis computer.

Tahap - Tahap Siklus Hidup Sistem
1. Perencanaan
    * Menyadari masalah
       Kebutuhan akan proyek yang dirasakan oleh manajer perusahaan maupun menajer non perusahaan.
    * Mendefiniskan masalah
       Memahami dengan baik agar dapat mengatasi pemasalahan tersebut.
    * Menentukan tujuan system
       Mengembangkan suatu daftar tujuan sisitem yang harus dipenuhi oleh sistem unutk memuaskan pemakai.
    * Mengidentifikasi kendala-kendala system
       Kendala-kendala penting untuk diidentifikasi sebelum system benar-benar mulai dkerjakan.
    * Membuat studi kelayakan
      Suatu tinjauan sekilas pada factor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.
    * Mempersiapkan usulan pnelitian system
       Memberikan dasar yang terinci untuk rancangan system baru mengenai apa yang harus dilakukan system itu dan bagaimana system itu melakukannya.
    * Menyetujui atau menolak proyek
       Menentukan apakah system itu harus diteruskan atau tidak
    * Menetapkan mekanisme pengendalian
       Menetapkan pengendalian proyek dengan menentukan apa yang harus dikerjakan, siapa yang melakukan, dan kapan akan dilaksanakan.

2. Analisis
    * Mengumumkan penelitian system
       Manajemen mengambil langkah-langkah untuk memastikan kerjasama dari para pekerja.
    * Mengorganisasikan tim proyek
       Tim proyek yang akan melakukan penelitian system dikumpulkan.
    * Mendefinisikan kebutuhan informasi
       Analisis mempelajarai kebutuhan informasi pemakai dengan terlibat dalam kegiatan pengumpulan informasi.
    * Mendefinisikan criteria kinerja system
       Menspesifikasikan secara tepat apa yang harus dicapai oleh system.
    * Menyiapkan usulan rancangan
       Memberikan kesempatan bagi manajer untuk membuat keputusan meneruskan atau menghentikan untuk kedua kalinya.
    * Menyetujui atau menolak rancangan proyek
       Mengevaluasi usulan rancangan dan menentukan apakah akan memberikan persetujuan atau tidak.

3. Rancangan
    * Menyiapkan rancangan system yang terinci
       Mendokumentasikan rancangan system baru dengan alat-alat yang dithkan.
    * Mengidentifikasi berbagai alternative konfigurasi system
       Mengidentfikasi konfigurasi peralatan yang akan memberikan hasil terbaik bagi system untuk menyelesaikan pemrosesan.
    * Mengevaluasi berbagai alternative konfigurasi system
       Mengevaluasi berbagai alternative yang memenuhi criteria kinerja dengan kendala-kendala yang ada.
    * Memilih konfigurasi yang terbaik
       Menyesuaikan kombinasi peralatan sehingga semua subsistem menjadi satu konfigurasi tunggal.
    * Menyiapkan usulan penerapan
       Mengikhtisarkan tugas-tugas penerapan yang harus dilakukan.
    * Menyetujui atau menolak penerapan system
       Keputusan untuk melanjutkan atau tidak pada system ini.

4. Penerapan
    * Merencanakan penerapan
    * Mengumumkan penerapan,
    * Mendapatkan sumber daya perangkat keras,
    * Mendapatkan sumber daya perangkat lunak,
    * Menyiapkan database,
    * Menyiapkan fasilitas fisik,
    * Mendidik peserta dan pemakai,dan
    * Masuk ke system baru.

5. Penggunaan
    * Menggunakan system,
       Menggunakan system untuk mencapai tujuan yang diidentifikasikan pada tahap perencanaan.
    * Audit system
       Untuk menenttukan seberapa baik system bau itu memenuhi criteria kerja.
    * Memelihara system
       Memperbaiki kesalahan, menjaga kemutakhiran system, dan Meningkatkan system.




Sumber : McLeod Raymond, 1995. Sistem Informasi Manajemen, Jilid I, PT Prenhallindo, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar